Pelatihan dan Pelaksanaan Blended Learning Bagi Dosen di Lingkungan Fakultas Hukum Unilak

Jumat, 06 Maret 2020
pelatihan-dan-pelaksanaan-blended-learning-bagi-dosen-di-lingkungan-fakultas-hukum-unilak

Jumat, 06 Maret 2020 Fakultas Hukum Unilak menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Pelaksanaan Blended Learning yang diikuti seluruh dosen di lingkungan Fakultas Hukum Unilak.

 

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Fahmi, S.H., M.H. di Ruang Rapat Dosen Fakultas Hukum, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa model pembelajaran Blended Learning menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Hukum Unilak. Menurutnya Blended Learning merupakan sebuah metode pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, serta merupakan kombinasi pengajaran bertemu langsung di kelas secara tatap muka (luring) dengan pengajaran on-line (daring).

 

 

"Meskipun virtual, dosen dan mahasiswa tetap dapat bertatap muka dan berinteraksi melalui screen/conference menggunakan Big Blue Button yang telah diintegrasikan di E-Learning Universitas Lancang Kuning (https://blended-learning.unilak.ac.id)” ujar beliau dalam penutup sambutannya.

 

Acara Pelatihan dan Pelaksanaan Blended Learning dipandu langsung oleh Tim Pengembangan Blended Learning Unilak yang diketuai oleh Didik Siswanto, M.Kom didampingi Roki Hardianto, M.Kom dan Wirdah Choiriah, M.Kom.

 

Setelah penyampaian materi, tim selanjutnya memandu peserta pelatihan untuk menerapkan langsung dalam sistem Blended learning. Beberapa panduan yang telah dikerjakan bersama meliputi cara login ke sistem Blended Learning; cara menambah tim dosen matakuliah; cara mendaftar pada matakuliah semester; cara membuat tugas dan tes matakuliah; cara membuat alur pembelajaran.

 

Dalam sesi terakhir, pemateri seolah-olah sebagai dosen dan peserta kegiatan sebagai mahasiswa yang selanjutnya melakukan video konfrensi. (dev)