Mahasiswa Fakultas Hukum Gelar Lomba Debat Antar Perguruan Tinggi

Rabu, 16 Januari 2019
mahasiswa-fakultas-hukum-gelar-lomba-debat-antar-perguruan-tinggi

PEKANBARU, UNILAK -Untuk menumbuhkan generasi yang kritis dan memiliki wawasan tentang keberagaman di Indonesia, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning mengadakan lomba debat di Aula Gedung Fakultas Hukum lt 2. Selasa(15/1).
Lomba debat yang diadakan BEM Unilak ini mengambil tema Unity in Diversity. Lomba debat ini diikuti oleh 13 tim debat dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Riau, yaitu Unilak, UNRI, UMRI, UIN SUSKA, dan organisasi Satma PP. Lomba debat ini berlangsung selama dua hari.
Ketua panitia lomba debat Julia Debora mengatakan kegiatan debat ini merupakan kegiatan yang ditaja oleh BEM Fakultas Hukum Unilak yang bekerja sama dengan Forum Debat Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning. 
Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang keberagaman yang ada di Indonesia dengan permasalahan yang berkembang saat ini, kemudian meningkatkan pola kritis yang terjadi dalam suatu permasalahan yang tengah berkembang dengan bersumber pada data-data dan yang terakhir menciptakan siswa yang memiliki jiwa integritas.
Untuk peserta ada 13 tim debat, satu tim terdiri dari 3 orang. Peserta berasal dari beberapa perguruan tinggi dan organisasi masyarakat, bahkan bahkan ada yang mengirimkan dua tim debat“ ujar Julia Debora.
Sementara itu, sambutan dekan Fakultas Hukum yang diwakilkan oleh Wakil Dekan 3 Dr. Fahmi, S.H., M.H. saat membuka acara memberikan apresiasi kepada panitia, mahasiswa dan peserta atas terselenggaranya kegiatan lomba debat ini karena ini merupakan agenda tahunan dan tahun ini merupakan tahun ketiganya diadakannya lomba debat ini. 
Dr. Fahmi berpesan kegiatan akan agarahkan kepada kegiatan-kegiatan yang bersifat akademik, seperti lomba debat ini. Kegiatan akademik sangatlah didukung penuh  karena dalam penilaian akreditasi, prestasi akademik memiliki nilai yang tinggi daripada seni dan bakat dengan tidak melupakan kegaiatan di bidang seni. Ujarnya.
“Kami berharap dalam acara selama dua hari dapat mengikuti jalannya acara sebagaimana mesetinya dan bagi yang menjadi pemenang tentu itulah yang terbaik. Kami juga yakin para juri sangat objektif dalam menilai dan terakhir saya ucapkan Selamat bertanding kepada peserta” tutup Dr.Fahmi, S.H., M.H.
Panitia Lomba Debat ini juga menyediakan hadiah juara berupa uang tunai dan piala,bertindak sebagai juri,  yaitu Dosen Unilak Irawan Harahap, S.H., S.E., M.Kn, Dr. Yeni Triana, S.H., M.H., dan Dosen dari Unri Endriansyah, S.H., M.H.